Wednesday, January 28, 2009

Gelangan alias Geblek

Alot....sedikit kenyal tapi ngangeni, trus rasane asin...Opo hayo ?? Jangan Parno dulu ya.....Jawabanne adalah Gelangan atau Geblek. Kenapa disebut gelangan ya...mungkin karena bentuknya bulat seperti gelang-e simbok-simbok ya...
Terbuat dari apa ????
Geblek atau gelangan adalah penganan / camilan yang sangat sederhana yang terbuat dari telo/singkong dengan campuran pati telo (sehingga bisa kenyal dan alot). Tapi maemnya harus digoreng dulu lho...


Geblek ini sangat banyak dijumpai di Bagelen ketika sore hari atau malam hari ketika ada keramian, semisal Jathilan, Misbar, Ndholalak, Campur Sari dan juga yang lain. Oh...ya masih ada lagi lho...Geblek atau gelangan ini juga menjadi salah satu ciri khas yang dicari banyak orang ketika Kliwonan ( Tradisi ngalap berkah di Pesarean Nyi Bagelen setiap malam Selasa Kliwon dan Jumat Kliwon).
Dengan harga yang saat ini hanya sekitar Rp. 1500,- per ikat (Geblek ini lebih sering dijumpai diikat dengan tali bambu), kita sudah bisa menikmati penganan nikmat nan kenyal yang lumayan bikin mata melek dan perut kenyang. Apalagi jika sambil ngobrol ngalur ngidul dengan temen-temen.
Sedikit...mengingatkan waktu dulu ketika tahun-tahun 90-an.....
Dengan sepeda onthel, rambut sisiran klimis dan dompet yang gede (padahal isine cuman sewu rupiah), kita biasa mejeng dan juga cengar-cengir (kalau lihat cewek liwat) dan rame-rame datang ke Kliwonan ini...padahal sampai disana ya...cuman tuku gelangan 500 rupiah saja. Saya juga bingung..kenapa dulu dengan modal sangat pas-pasan pede aja ya...hehehehe
Ya....memang sih waktu itu nyari duit sangat susah...emange sekarang gampang apa ???
Tapi itulah nostalgia jaman dulu..ketika sering makan gelangan/geblek. Pokoknya kenyal dan rasanya tidak akan pernah lupa.
Jabat erat,
Naji - BA (Bagelen Asli)

9 comments:

  1. wah..marakke pengin mangan gelangan...(maturnuwun postinge Mas)

    ReplyDelete
  2. wah terus kangen pulang kampung lho mas
    kirim kirim ke sini dong





    * tulisannya mohon jangan warna merah gini...sakit mata nih mas..nuwun sewu ya

    ReplyDelete
  3. Makasih koreksinya Bunda..nyuwun sewu Bagelen atau dari mana asalnya to Bunda ??

    ReplyDelete
  4. Mas, Onten Growol mboten??? Niku lo sing mambune asem. . . . Biar asem tapi kalo pakai saos sambel, enaaakkkk tenan! Ecoooo!!!!

    ReplyDelete
  5. harga gelangan sekilo brapa?

    ReplyDelete
  6. golek iwak ning kali bogowonto, pacitane gelangan anget nyampleng tenan lho!

    ReplyDelete
  7. yusak cah ngganteng anke pak martoJuly 4, 2009 at 9:25 AM

    aku cah bagelen,anake pak mrto sing kuliah nang IPB.AKU AREP NGGAWE penelitian tentang kuliner purworejo.nek siro ana resepe tulung kirm wae yow.suwun banget infone dul.btw siro cah ngendi sapa?

    ReplyDelete