Sunday, February 1, 2009

Tempe Dele

Ketika kita ngobrol masalah tempe dele (dele :Kedelai dalam bahasa Jawa), pastinya kita tidak akan pernah bisa lupa bentuk dan rasanya yang khas. Tempe dele ini dibungkus dengan daun temu, klaras, daun jati dan ada pula yang dibungkus dengan daun waru.


Memang terkesan tidak Hygienis tapi sebenarnya bersih dan terbebas dari kuman (bukan promosi lho...) karena 20 tahun lebih saya makan tempe ini belum pernah murus-murus (mencret)


Memang tempe disini (Bekasi) juga banyak dan asalnya juga sama dari dele, namun tempe dele bungkus daun ini (seperti foto disamping) tidak ada alias tidak pernah dijumpai..yang ada tempe bungkus plastik..
Disamping rasanya yang lebih klenis (apalagi jika digoreng garing), tempe ini juga murah meriah lho...Info terakhir yang saya terima dari simbokku...tempe ini dijual perbuahnya Rp. 200,- saja..murah to dan juga dengan beli tempe ini (kalau pas pulang ke Bagelen) kita bantu Saudara kita.


Nah....dengan lihat penampakan disamping ini..jadi inget dulu khan...ketika dulu sering banget maem dengan tempe goreng ini.

Ada sebuah cerita masa lalu yang nyata saya alami. Saya sering sekali cari daun temu didekat rumahku. Nah..dari daun temu ini kemudian saya tukarkan ke tukang tempe yang ada didaerahku juga. Jadilah sore-sore akan maem karo jangan tempe dan lawuhe-pun juga tempe goreng.
Golek daun untuk ditukarkan dengan tempe ini hampir pasti aku lakukan. Seminggu bisa 2-3 kali lho....
Makanya ketika kemarin simbokku datang ke Bekasi, oleh-oleh yang tidak bisa lupa adalah :
- Geblek
- Growol
- Tempe
Eh..yang terkenal pembuat tempe (kalau tidak salah) adalah orang Kauman, Tlogokotes, Nadri, Sarangan dan Pondon.
Pokoe....dengan tempe goreng ini...rasanne jan mak nyus....(meminjam istilah pak Bondan W dalam Wisata Kuliner). Dan saya mengajak rekan-rekan dari Bagelen, jika ada Saudara yang datang kesini jangan lupa minta dibawain tempe bungkus daun ya....


6 comments:

  1. terus dibikin bacem ...wah enake poll

    ReplyDelete
  2. Betul bunda..apalagi maeme segone anget2 yo...

    ReplyDelete
  3. boleh tuh mas di bagi ke tangerang ... ;)

    ReplyDelete
  4. hemm, jadi pengen tempe,
    salam kenal, by nurrahman

    ReplyDelete
  5. akumoco blogermu melutrenyuh soale aku klairan deso.clapar dadi mbendino aku lewat ps. kuripan sekolahku smp.PGRI Bgln,aku tamat th.1982,saiki aku merantau nang bekasi. hai.... konco konco yok do kabar kabaran ben raputus silaturahmi,085312259880,KARMI

    ReplyDelete