Friday, March 27, 2009

Stasiun KA Purworejo dan Lok Dieselnya

Bagi orang Purworejo seperti saya yang tinggalnya lumayan jauh dari Kota, setiap saya ke Purworejo pasti akan melewati Sta. KA Purworejo.
Bangunan-nya khas jama Kolonial Belanda dan masih berdiri kokoh (meskipun sudah dipugar dan dicat ulang - kalau tidak salah) dan juga keasliannya yang masih terjaga.



Memang sih....Sta. KA Purworejo ini tidak seramai Sta. KA Kutoarjo atau Jogja - Tugu. Namun setidaknya setiap pagi dan sore hampir bisa dipastikan ada penumpang yang naik dan turun KA di Sta. KA Purworejo ini.

Lho...trus siangnya ada KA tidak ?? Setau saya sampai sekarang untuk siang hari tidak ada kereta yang mengantar atau mengambil penumpang untuk dibawa ke Sta. Kutoarjo. Siang hari yang banyak adalah orang yang mau makan Soto Pak Rus yang sangat terkenal itu lho.
Oh..ya Sta. Purworejo tidak memberangkatkan KA sendiri lho. Tapi dari penumpang yang naik dari sini akan dibawa ke Sta. KA Kutoarjo dan digabung dengan yang naik dari Sta. KA Kutoarjo.
Dan kebalikannya, bagi penumpang yang akan turun di Sta. KA Purworejo, penumpang harus berganti KA. Pihak PJKA menyediakan satu buah gerbong KA yang ditarik dengan lokomotif tua (Lok Diesel) ke Sta. Purworejo.
Meskipun jalan-nya tidak kenceng dan juga rel-nya tidak sebagus rel jalur Selatan ( Kutoarjo - Jogja), tapi setidaknya perjalanan dengan Lok Diesel ini akan menjadikan kenangan tersendiri karena jalan-nya geal-geol lho....Hal ini disebabkan kondisi rel yang sudah lumayan tua tapi masih layak pakai.
Oh ya...dibawah ini adalah gambar Lok Diesel-nya yang tiap pagi dan sore narik gerbong penumpang dari dan ke Sta. KA Purworejo.
Foto ini saya ambil pas pagi-pagi banget ketika baru sampai dari Sta. Kutoarjo. Sekatar jam 04.30 WIB.















Foto ini adalah Lok Diesel ( BB 30006) sedang parkir di Sta. KA Kutoarjo dan akan mengantar penumpang ke Sta. KA Purworejo (sore harinya)





1 comment: