Saturday, March 31, 2007

Apa yang khas dari Bagelen

Bagelen....sangat identik dengan "pesarean" atau mungkin bekas peninggalan seseorang yang dianggap cikal bakalnya Bagelen...

Adalah saat ini Pesarean Nyi Bagelen yang terletak didekat sungai Bogowonto selalu ramai dikunjungi penyiarah yang akan mencari berkah. Apalagi jika malam Jumat Kliwon atau Selasa Kliwon..akan semakin banyak yang datang kesini.

Tentu saja hal ini menambah pendapatan penduduk sekitar dengan berjualan bunga dan "geblek". Anda tau Geblek....bagi masyarakat Bagelen, Geblek sudah tidak asing lagi, panganan ini terbuat dari singkong dan rasanya yang gurih dan kenyal. Apalagi jika dimakan sebagai teman teh tubruk...wah jan enak tenan..

Orang yang datang ke pesarean percaya, bahwa nantinya permintaannya akan dikabulkan. Pesarean ini sangat mudah dijangkau, karena semua kendaraan yang akan ke Jogja atau Purwokerto melewati daerah ini..tepatnya sekitar Km 10 jika dari arah Purworejo atau setelah jembatan sungai Bogowonto.

Dari semua desa yang ada di Bagelen, hampir masing-masing desa punya ciri khas tersendiri. Hal ini tergambar jelas, karena disamping makanan tentu saja budaya leluhurnya (walaupun saat ini sudah hampir punah).

Sperti Krendetan...sangat terkenal dengan pasarnya. Hari Rabu dan Sabtu pasar Krendetan selalu dipenuhi pedagang dan pembeli yang melakukan transaksi, baik jual beli hewan ternak maupun kebutuhan sehari-hari.

Kemudian desa Bugel, didesa ini Lanting atau lebih populernya disebut Krimpying banyak dibuat, salah satunya adalah Lanting Yu Kas. Disamping rasanya yng gurih dan cocok sebagai oleh-oleh, Lanting tidak mengandung bahan kimia alias aman untuk dikonsumsi.

Nah....yag tidak ketinggalan lagi adalah Durian. Desa-desa seperti Semagung, Sokoagung, Kalirejo dan beberapa desa dipegunungan Bagelen menghasilkan Durian yang sangat gurih dan lezat. Makanya....penggemar Durian pasti akan teringat Durian dari Bagelen. Jika mulai musim durian, banyak sekali penikmat durian yang akan datang kesini.

Dan yang tidak boleh ketinggalan adalah Kambing / Wedus Etawa. Kambing ini sangat terkenal karena besarnya hampir sama dengan anak sapi. Nah...karena uniknya kambing ini, diarea pertigaan/pertelon Bagelen terdapat Patung Kambing dan Durian.

Nah...,

Makanya ayoooo berkunjung ke Bagelen ya......

6 comments:

  1. mas naji, saya juga wayah bagelen lho

    ReplyDelete
  2. Waduh...senang sekali mas..., btw Bagelennya dimana ???

    Trus saat ini Mas Slamet derdomisili dimana..., sapa tau kita bisa berkoresponden khan,,,,

    ReplyDelete
  3. saya juga wayah bagelen gitu loh... tepatnya wayahe kidul wetane mas naji. sekarang saya berdomisili di dekat KPK (Krendetan Pasar Ketimur). tanpa sengaja aku nemuin blog ini. kebetulan aku juga bikin blog yg mengupas abis krendetan, bagelen and purwrjo. wah blognye m naji bagus banget, mak nyusss..

    ReplyDelete
  4. salam knal jg mas...
    kmarin malam jumat kliwon, tgl 22 april 2011 saya jg telah ziarah ke Pesarean Bagelen, terutama sowan ke Eyang Rekso Samudro....

    lain2: teh cap walangnya mantap...
    salam Bolo Demit Malang Jatim
    RAHAYU

    ReplyDelete
  5. Salam knal mas...
    saya jg wayah dari bagelen (from bapak)berapa tahun yang lalusempat main kesana, bertemu Bp. Antonius Sutarto, dimana beliau menceritakan tentang leluhur keluarga kami (Eyang R. Reksan Cokroperbowo)dan saya sempat ziarah ke makam para leluhur di pesarean bagelen, pesarean kauman krendetan dan pesarean rogowangsan.
    salam dari Mas Agung - Samarinda

    ReplyDelete
  6. Salam Kenal mas.... itu yg di maksud sowan ke makam eyang Rekso Samudro , eyang Rekso yg mana ya mas? sebab sy sdg mencoba menelusuri leluhur saya Eyang Buyut Rekso Samudro (dr Mboro).thks

    ReplyDelete