Saturday, October 18, 2008

Apem, Engkung dan Rengginang

Apem, Engkung dan Rengginang...ini adalah kuliner asli Bagelen lhoooo. Hayo....yen lihat fotonya mesti ngiler pengin maem to......Opo maneh le maem engkung karo jangan Mie Kuning, segane rodo "pero/keras" trus wadahe godong gedang.
Apeme dienggo sarapan esok-esok karo teh tubruk cap Walang...rokoe 76......jam mak nyusssss tenan ki. (biasane sak durunge lungo macul nang sawah)
Lha..trus rengginange dimaem sore....pas udan-udan, ngumbene kopi cap Cangkir.

Yah...kuliner ini akan selalu mengingatkan kita utk senantiasa bisa menikmati-nya kembali pas mudik ke Bagelen. Opo maneh..pastinya akan sangat susah bin "angel" nggoleki ketiga jenis makanan tersbut nang Jakarta. Dan tentu saja mengingatkan kita akan kengangan dulu pas masih di Bagelen - Purworejo.
Wis...pokoe wingi pas lebaran...tak rewangi mulih soko Bekasi pas durung udunan yooo salah sijine pengin ngrasakke enake engkung....
Oh ya...ada sebuah kisah nyata masalah engkung ini. Ceritanya pas dulu kala, ketika masih sering kenduren (aku pas lagi sekolah nang SMEA PGRI Bagelen). Malam itu kenduren di tempatnya Wo Bardai, karena hujan yang cukup deres, jalannya licin dan pas pulang dari kenduren aku jatuh........eeeee gak tahunya nasi rasulnya yang didalamnya ada engkungnya jatuh dan "kepidak" alias keinjak rekan yang lain. Padahalllllll ............tuh rasul yang ada engkungnya..sudah terbayang kelezatannya sejak sore sebelum berangkat kenduren.
Nah...sebelum maem ketiga jenis kuliner tersebut...ini aku kasih foto-fotonya biar tambah ngiler yo.....Pokoe...mak nyussssssssssssss lah....Mestinya nanti pak Bondan Winarso, yang mengasuh Wisata Kuliner di Trans TV harus mencoba ini.
Foto 1 : Ini apem spesial mbakyu Limi yang dodolan didekat "kewedusan" di pasar Krendetan.

Foto 2 : Engkunge si Blorok, pas lebaran kemarin.
Foto 3 : Rengginang goreng siap santap.

Foto ini asli duweke Munaji

1 comment:

  1. wah...aku paling seneng...kuwi...engkung.....top markotop....

    www.rakadewa.wordpress.com

    ReplyDelete